RSS

Apa Itu Vanilla?

26 Jul

Oleh: Elsa Mareta

Bagi yang memiliki hobi membuat kue atau cake, pasti tak asing lagi dengan salah satu bahan yaitu vanilla atau vanili. Bahan vanilla atau vanili ini banyak sekali dijumpai dengan bentuk vanili crystal atau vanilla ekstrak. Indonesia sendiri merupakan negara produsen dan eksportir vanili kedua terbesar setelah Madagaskar. Hal ini seharusnya menjadikan masyarakat kita lebih memilih menggunakan vanili yang fresh karena aroma yang ditimbulkan lebih wangi dan tentunya lebih sehat karena bebas bahan pengawet ataupun bahan campuran lainnya.

 

Yang berada di wilayah DI Yogyakarta, bahan vanilla ini bisa ditemukan di kawasan Pasar Beringharjo. Pasar yang letaknya di ujung selatan Jalan Malioboro ini menyediakan berbagai macam aneka jualan. Mulai dari sandang, pangan, ataupun tetek bengek bahan-bahan kue, otomotif, perlatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Pasar ini terbagi menjadi tiga lantai sesuai dengan kategori penjualan. Untuk mendapatkan vanilla ini, cukup mendatangi petak-petak penjualan jamu di lantai 1 sebelah belakang. Lantai ini menjual berbagai jamu-jamu tradisional dengan harga yang relatif terjangkau, menurut jenis-jenis jamunya. Tetapi, jangan kaget dengan aroma jamu yang sangat menyerbak di lantai ini🙂.

Untuk bahan vanila, harga yang ditawarkan lumayan merogoh kocek. Sekilo vanilla dapat mencapai harga Rp. 300.000/kg. Tapi jangan khawatir, kita dapat membelinya dalam jumlah yang dibutuhkan. Seikat vanila dijual dengan kisaran harga mencapai Rp. 40.000,-. Jenis vanila ini ada yang berbentuk stick (batang) atau polong. Adapun cara menggunakannya adalah denan membelah polong dan  mengikis isinya dengan pisau atau sendok. Isi polong  berupa butiran-butiran kecil berwarna coklat kehitaman dan tentu saja aroma yang dihasilkan sangat tajam. Pemakaian vanilla fresh bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam satu resep adonan kue atau cake, anda bisa menggunakan 1-2 polong vanilla.

 
2 Comments

Posted by on July 26, 2011 in Tulisan, Uncategorized

 

Tags:

2 responses to “Apa Itu Vanilla?

  1. Bahan Kue Sehat

    October 10, 2014 at 12:27 am

    Sedang browsing ekstrak vanili dan membaca artikel ini,terimakasih atas infonya.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: