RSS

Mari Gemar Mencuci Tangan

27 Nov

Oleh: Elsa Mareta

Mencuci tangan sepertinya hal sepele, tapi ternyata ini sangat penting. Apalagi kita sebagai orang Indonesia memiliki satu kebiasaan menonjol dalam tata cara makan, yaitu makan dengan menggunakan tangan langsung. Tak jarng kita juga lupa mencuci tangan karena menganggap tangan kita sudah bersih, walau sebenarnya penampakan kuman tak terlihat secara kasat mata. Kuman bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Sakit perut adalah reaksi yang paling sering terjadi setelah mengkonsumsi makanan dengan tangan kotor.

Tradisi makan orang Indonesia yang sering menggunakan tangan menjadi ciri khas dan tetap dipertahankan sampai detik ini. Beberapa rumah makan atau restaurant di Indonesia, seperti rumah makan Padang atau Sunda menjadi contoh nyata sebuah tempat dimana mengkonsumsi makanan dirasa lebih umum (dan lebih enak) menggunakan tangan langsung, tanpa bantuan alat cutteleries lainnya. Biasanya, pemilik rumah makan akan selalu menyediakan tempat cuci tangan berupa mangkuk kecil berisi air (baca: kobok-an) yang sering diberi irisan jeruk nipis atau daun kemangi guna menghilangkan bau-bau tak sedap sesudah makan.

Sebenarnya, mencuci tangan dengan metode itu adalah salah. Praktek mencuci tangan yang kotor dengan metode kobok-an bisa berubah menjadi sebuah disaster, karena mangkuk tersebut merupakan “sup kuman”, berkumpulnya kotoran yang mengandung kuman penyakit disatu tempat yang akhirnya menempel kembali saat tangan diangkat dari wadah cuci tangan tersebut.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya mencuci tangan dengan benar, makan setiap 15 Oktober dicanangkan sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Nah, supaya kita tidak salah dalam mencuci tangan, inilah gambar tata cara mencuci tangan yang semestinya.

 

Keterangan:

  1. Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir.
  2. Ambil sabun cair secukupnya untuk seluruh tangan. Akan lebih baik bila sabun mengandung antiseptik.
  3. Gosokkan kedua telapak tangan.
  4. Gosokkan sampai ke ujung jari.
  5. Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan kiri (atau sebaliknya) dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.
  6. Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lainnya dan saling mengunci.
  7. Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.
  8. Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan kedepan, kebelakang dan berputar. Lakukan sebaliknya.
  9. Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.
  10. Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir.
  11. Keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan bila menggunakan kran, tutup kran dengan tissue.
  12. Tangan anda sudah bersih.
 
2 Comments

Posted by on November 27, 2011 in Tulisan

 

Tags:

2 responses to “Mari Gemar Mencuci Tangan

  1. gyns

    April 4, 2012 at 1:00 pm

    tips bagus.. tp perlu dilengkapi dengan cara menghemat air.
    sebaiknya setelah no 1, ditulis MATIKAN keran air, dan no.10 BUKA KERAN AIR, lalu Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir.
    bayangkan berapa debit air yang terbuang jika tidak dimatikan sementara menyabuni tangan.. dan bayangkan berapa debit air yang bisa kita hemat dengan cara ini…
    trims..^^

     
    • kenyangbego

      April 15, 2012 at 2:40 pm

      wah terima kasih banyak sarannya. Anda benar sekali🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: