RSS

Hani’s: Mencicip Rasa Dapur Eropa

Oleh : Mahar Gireta Rosalia

Weekend adalah sesuatu yang paling dinanti oleh para pekerja, khususnya mahasiswa pekerja. Apalagi bila hari sabtu itu adalah tanggal muda, kegembiraan luar biasa dapat dilihat dari pemilihan tempat makan malam. Sabtu, 1 Oktober 2011 saya membagi rejeki yang saya terima hari itu bersama pacar saya. Sesekali saya ingin mencoba mengunjungi restoran yang cukup membuat kantong mahasiswa –tanpa penghasilan atau tanpa embel-embel Bakrie– di akhir namanya jadi bolong-bolong kecil. Ya, sesekali boleh lah. Maka kemudian, Hani’s adalah tempat tujuan kami untuk santap malam di Sabtu malam kemarin. Tempat makan ini menyediakan bakery dan restoran dengan masakan taste Eropa. Lokasinya terletak di selatan dan utara kota Yogyakarta. Berhubung jarak kami lebih dekat dengan lokasi utara, yakni di jalan Palagan, utara hotel Hyatt, sekitar pukul setengah sembilan malam kami melaju kesana.

Hanya terlihat sepasang pria wanita yang sedang menikmati makan malam ketika kami sampai disana. Hani’s cabang Palagan ini menawarkan ruangan semi outdoor dengan bangunan yang langsung menghadap pada hamparan sawah serta backyard yang sangat cantik dengan lampu-lampu hiasnya. Tapi sayang, kami tak berkesempatan menggunakan halaman belakang nan cantik tersebut. Secara menyeluruh, bangunan Hani’s memang besar dan memberi kesan yang sangat homey dan nyaman.

Makan malam yang kami pesan adalah Chicken Skewer seharga Rp. 49.000,00 untuk saya dan satu pan pizza Paesana seharga Rp. 43.000,00 untuk pacar, berikut Orange Juice Rp. 19.000,00 dan Watermelon Juice seharga Rp. 13.000,00. Sekitar 10 menit kemudian minuman kami datang, tetapi kami masih harus menunggu sekitar 45 menit sampai makanan kami seluruhnya datang. Cukup lama memang, tapi terbayar dengan Chicken Skewer yang akhirnya sampai dimeja kami. Menu ini merupakan daging ayam yang dibuntal dengan beef lalu ditusuk bersama-sama bawang Bombay dan paprika merah, kuning dan hijau, dan dibakar, mirip metode sate. Ada 3 tusuk yang cukup besar untuk satu porsi dan disajikan bersama mashed potato dengan campuran keju. Yang terpenting dari seluruh bagian adalah sausnya. Menurut lidah saya, saus yang disajikan ini terbuat dari keju mozzarella yang dilelehkan lalu diberi entah apa yang menjadikan citarasanya sangat kuat. Tentu pacar saya menyesal hanya memesan pizza. Paesana Pizza dalam ukuran large sudah menanti untuk saya coba. Isinya adalah bayam, keju, daging asap, jamur, dan saya lupa lainnya. Yang saya ingat, pizza ini sama dengan menu yang ada di restoran Italian pizza lain, yaitu Nanamia Pizza. Memang tidak kalah enak, tapi jika disuruh memilih, saya lebih memilih makan pizza di Nanamia, karena mereka memang memiliki pizza sebagai specialty mereka.

Untuk jus yang kami pesan, Orange Juicenya enak tapi sayang Watermelon Juicenya terlalu encer untuk standar saya. Setelah selesai menyantap makan malam, kami pun pergi. Satu hal yang menarik saat kami berada di tempat parkir, kami menemukan beberapa botol wine terpajang. Sayang sekali, karena sebelumnya kami mencari menu wine sebagai pelepas dahaga namun tak tercantum di daftar menu.

Selain menjual masakan Eropa dan bakery, Hani’s juga menyediakan cinderamata etnis seperti bandana batik, gelang, kalung, sarung pantai, dan lain-lain. Hani’s sangat disarankan bagi kalian yang menginginkan makan malam manis bersama orang-orang terkasih. Untuk info lebih lanjut bisa langsung kunjungi Hani’s cabang Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 7,5 Yogyakarta.

Sumber foto : Pribadi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: