RSS

Macaroni Panggang: Life is a combination of magic and pasta

Oleh: Anisa Titisari

(doc: KenyangBego)

Italia dan pasta. Begitulah kira-kira relasi ikonik yang terjadi antara mereka. Adalah Federico Fellini, sutradara berkebangsaan Italia yang pernah berujar, “Life is a combination of magic and pasta.” Di lain hal, pasta telah membawa Marco Polo ke dalam catatan (perdebatan) sejarah populer yang menyebutkan bahwa, ia lah orang yang pertama kali memperkenalkan “oleh-oleh” ini untuk penduduk Italia.

Pasta tak lain adalah mi. Kenapa mi? Karena pasta dibuat dari adonan tepung terigu, air, telur dan garam. Sama persis seperti adonan mi yang dihasilkan oleh bangsa Cina jauh sebelum Marco Polo datang berkunjung guna petualangan kulinernya. Bangsa Cina memang sudah terkenal sebagai penghasil mi sejak 1295. Mi adalah panganan berbentuk kecil dan panjang yang diproduksi dalam jumlah yang banyak. Bagaimana variasi bentuk dan ukuran terjadi setelahnya dikarenakan setelah Marco Polo kembali, pasta berkembang begitu cepat menjadi makanan terenak bagi rakyat Italia. Saking senangnya, saat ini mereka sudah hampir memiliki 600 lebih jenis pasta yang diciptakan setiap tahunnya.

Ada beberapa macam pasta Italia yang umum (seharusnya) diketahui. Farfalle, pasta berbentuk dasi kupu-kupu milik pria ber-tuxedo, memiliki sajian terbaiknya bersama saus keju, minyak zaitun, mentega dan salad. Fettucini, pasta berukuran panjang mirip mi, tetapi tidak bulat. Bentuknya persegi, tipis dan hanya memiliki lebar seperempat inci saja. Waktu perebusan terbaik adalah 10-12 menit, baik Farfalle atau Fettucini. Berbeda dengan Fussili, waktu rebusnya hanya butuh 8-10 menit dan cukup disantap dengan saus tomat. Fussili bertekstur spiral dengan ukuran kecil dan pendek. Jika pasta Penne memiliki bentuk berupa tabung yang ujungnya dipotong secara diagonal, Rigatoni dipotong secara horizontal dengan tekstur garis melengkung, tidak lurus seperti Penne. Saus daging bisa jadi teman ideal bagi Penne dan Rigatoni.

Begitu sampai ke Indonesia, macam-macam pasta yang dikenal tentulah, Spaghetti dan Macaroni. Masakan tersebut bukan jadi hal baru lagi. Spaghetti adalah pasta berbentuk mi yang biasa tersaji dengan saus tomat atau Bolognese. Sedangkan Macaroni adalah pasta berukuran pendek dengan bentuk tabung melengkung yang sudah sejak dulu dikenal. Bangsa Belanda lah yang memperkenalkan jenis masakan ini untuk pertama kalinya. Macaroni pun telah disulap menjadi menu pasta yang tidak hanya disajikan bersama saus Bolognese, tetapi dipanggang bersama keju dengan isian jamur dan daging asap.

Macaroni Panggang ukuran small

Resep tersebut bahkan sudah menjadi nama paten sebuah tempat makan di kawasan Taman Kencana, tepatnya di Jl. Salak 24, Bogor, Jawa Barat. Macoroni Panggang (sebut saja MP) kemudian menjadi populer berkat resep yang brilliant. Adonan Macaroni bersama dengan kocokan telur, krim susu, jamur, daging asap, merica dan taburan keju di atasnya yang dibungkus menggunakan alumunium foil lalu dipanggang berhasil memperawani lidah orang Indonesia. Kelezatan itu diciptakan MP sudah sejak sepuluh tahun yang lalu.

Kedai yang mendiami sebuah bangunan tua gaya Belanda yang cukup besar ini memiliki sajian menu Macaroni Panggang biasa dan spesial dengan ukuran Small, Medium dan Large seharga Rp. 27.000,- untuk Spesial Small Macaroni Panggang. Tapi harus diyakini bahwa, ukuran terkecil dari Macaroni Panggang sudah sangat cukup memenuhi rongga perut normal. Sesuai dengan tema, MP kemudian tak hanya mengeluarkan Macaroni Panggang andalan mereka. Cinnamon Cake (Ontbijtkoek dalam bahasa Belanda) menjadi menu andalan lainnya yang diberi stempel harga Rp. 49.000,- untuk empat varian rasa, Canary, Rum Kismis, Chocolate dan Cheese. Soup, French Fries, Omellete, aneka Salad, Pancakes dan dessert berupa Peach Pudding siap pula di pesan pengunjung.

Tak lupa dengan kekhasan kuliner negeri sendiri, MP tetap setia menyajikan makanan Indonesia. Nasi Goreng Spesial dengan isian ayam, udang, lidah sapi, beef bacon, sosis dan telur yang disajikan bersama Bouillon seharga Rp. 46.000,-. Harga yang wajar ketika menemukan seporsi nasi goreng dengan tambahan campuran protein hewani lebih dari tiga jenis. Deretan Nasi Timbel dan Ayam Panggang serta sambel lalapnya bisa dipastikan akan sangat menggoda iman. Resto ini buka dari pukul 7 pagi hingga 10 malam. Waktu buka yang cukup mengejutkan untuk sebuah resto yang umumnya biasa beroperasi mulai pukul 9 atau 10 pagi.

Hampir tak ada keluhan berarti yang tercipta saat duduk di meja pengunjung. Hanya butuh waktu 15 menit bagi pelayan untuk mengantarkan semua pesanan. Rumah dan suasana teduh tercipta secara alami bersamaan dengan cuaca kota Bogor yang selalu dingin. Tak salah, MP pun sukses menghantarkan atmosfer nyaman dan hangat lewat sihir yang keluar dari oven, seporsi Macaroni Panggang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: