RSS

Mencicip Kekhasan si Ketan Bandung

image

Oleh: Ade Eko Rohiman

Peuyeum, batagor dan surabi. Inilah ketiga makanan yang boleh dibilang paling dikenal oleh para pecinta kuliner jika mereka ditanya makanan khas apa yang paling identik dengan kota Bandung. Tapi tahukah anda, sebenarnya ada satu panganan yang tak kalah khasnya dan sayang kalau dilewatkan jika anda berkunjung ke kota kelahiran saya ini. Makanan tersebut adalah ketan bakar.

Jika anda berniat liburan ke daerah Bandung dan tergoda untuk mencicipi ketan bakar, kunjungilah Lembang, sebuah kawasan di Bandung Utara dimana anda akan dengan mudah menemukan ketan bakar nan lezat. Di sepanjang pinggiran jalan Lembang, banyak pedagang yang menjajakan ketan bakar dengan harga yang sangat terjangkau. Waktu yang ditempuh jika anda melakukan perjalanan antara Bandung-Lembang adalah sekitar 40 menit berbekal kendaraan pribadi. Tapi sekarang ini khususnya saat akhir pekan, perjalanan akan terasa melelahkan. Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 2 jam lamanya. Bukan jarak permasalahannya, namun rute yang dilalui adalah langganan kemacetan lalu lintas yang parah.

Namun, jangan khawatir. Saya memiliki satu rekomendasi menarik bagi anda yang benar-benar dibuat penasaran oleh ketan bakar ini. Tak perlu repot-repot menempuh jarak, di wilayah kota Bandung juga sudah terdapat tempat yang patut disambangi untuk menu ketannya, yaitu The Kiosk. Tempat makan ini memiliki dua buah cabang, di Jl. Ir. H. Juanda tepat di depan Dago Plaza dan yang lainnya berada di Ciwalk, jantung kota Bandung. Saya menyarankan anda untuk memilih The Kiosk, Ciwalk karena tempat dan suasananya lebih unggul.

Di tempat ini, ketan bakar dihargai Rp. 6.000,- per porsi. Harganya memang terbilang mahal untuk ukuran sepotong ketan, dibanding dengan harga ketan-ketan yang biasa dijual (katakanlah) di pasar. Namun, tunggu dulu. Harga tersebut sebenarnya sangatlah wajar, jika mengingat tempatnya yang memang begitu nyaman. Sesuai dengan namanya, bahan dasar ketan bakar adalah beras ketan (bahan dasar lemper) yang biasanya berbentuk persegi. Cara penyajiannya pun harus melalui proses pembakaran (arang) terlebih dahulu hingga berwarna kecoklatan (matang). Dan akan lebih nikmat jika menyantap ketan bakar ini selagi hangat dengan guyuran sambel kacang di atasnya. Inilah kelebihan lain dari The Kiosk. Di sini anda bisa memilih langsung dari tiga macam sambel pendamping ketan yang tersedia yaitu sambel kacang, sambel oncom, dan serundeng. Atau anda juga bisa mengkombinasikan ketiganya menurut selera.

Nah, anda tergoda untuk mencobanya? Jika ya, segeralah datang ke kota Bandung dan cicipi makanan khas yang satu ini.

Sumber Foto: Pribadi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: