RSS

Top 5 Nasi

Oleh: Fakhri Zakaria

“Doel udah makan ?”
“Belum Nyak, tadi cuma sarapan roti di kantor”
(Si Doel Anak Sekolahan)

Orang Indonesia memang unik. Dalam cerita-cerita humor orang Indonesia selalu digambarkan lain daripada yang lain. Termasuk juga lidah Indonesia. Mau dijejali makanan apapun tetap belum sah karena belum menyentuh nasi. Nasi bukan hanya urusan perut, tapi juga sudah menjadi bagian dari budaya yang sudah mengakar sejak zaman Fir’aun pipis di celana.  Jadi kalau ada wacana pemerintah untuk mengurangi konsumsi nasi saya menganggap itu kedok kalau mereka tak becus menyediakan pangan untuk rakyat.

Baiklah, saya akan membuat daftar top 5 nasi. Ibaratnya ini adalah best of the best dari sekian banyak demo nasi yang mampir ke mulut saya.. Oh ya, ini kali pertama saya bikin tulisan tentang kuliner. Pengen dong gak di depan panggung konser mulu hehehehe. Mari makan. Rawwrrrrr….

5. Nasi Megono

nasi megono

Pekalongan punya jagoan. Nasi megono adalah kebanggan warga pesisir pantai utara Jawa Tengah ini. Wujudnya berupa nasi putih panas yang dicampur dengan urap sayuran plus bubuhan ikan asin. Pendamping setianya adalah tempe mendoan. Sederhana tampilannya, tapi saat dicoba nampol pol. Selain mengenyangkan nasi ini juga sehat karena kandungan sayuran dalam urap yang kaya vitamin.

Best Nasi Megono: bikinan tetangga rumah nenek saya di Muntilan, Magelang. Cuma keluar setahun sekali saat kerja bakti massal jelang bulan puasa. Nasinya pulen, urapnya gurih, dan tempe mendoannya seksi. Cadas.

4. Nasi Goreng

nasi goreng telor ceplok

Nasi universal milik Indonesia. Silahkan anda cari sampai ujung Siberia, negara mana yang punya varian nasi goreng nyaris satu truk. Mulai dari nasi goreng Aceh, nasi goreng kambing, dan favorit saya, Magelangan. Nasi goreng adalah basic level bagi mereka yang ingin belajar masak karena sangat sederhana. Cukup nasi, minyak, kecap dan rajangan bawah putih. Pelengkapnya silakan pilih sesuai selera mulai dari sekedar krupuk, telor ceplok sampai daging asap.  Nasi goreng juga menjadi salah satu pelajaran dalam survival kit anak kost.

Best Nasi Goreng: Magelangan Pak Man, Kidul Pasar (lagi-lagi) Muntilan. Magelangan adalah signature recipe eks Karesidenan Kedu ini. Wujudnya berupa nasi goreng yang dicampur dengan mie basah. Kelebihan Magelangan Pak Man adalah porsinya yang pas plus tambahan gimmick yang royal. Mulai dari bakwan terigu, kulit ayam, plus bawang goreng yang ditabur tanpa ampun. Satu kata di Pak Man, sabar.

“Nunggu pinten pak ?” (nunggu berapa pak ?)
“Kalih…” (dua)
“Ohh, kulo tunggu mawon” (oohh, saya tunggu saja)
“Kalih doso…”(dua puluh)

3. Nasi Uduk

nasi uduk

Warga Betawi tak perlu bersedih jika jagoan terdahulu, Si Pitung, sudah roboh terkena peluru emas meneer kumpeni. Keturunannya masih punya jagoan yang mampu menghajar mulut-mulut kelaparan. Nasi uduk namanya. Sajian nasi putih ini sekilas biasa saja. Wujudnya polosan, namun ketika dimakan. Jedarrrr, gurihnya santan dan campuran bumbu-bumbu ibarat jotosan si Pitung. Tak terduga namun telak. Nasi uduk seperti kanvas putih. Siap dihiasi dengan bermacam-macam pelengkap. Sekedar gorengan bakwan bagi saya sudah cukup, namun ayam goreng membuat saya berpikir dua kali mengakhiri ritual makan.

Best Nasi Uduk: masih dicari.

2. Nasi Timbel

nasi timbel komplit

Tak salah kalau ada pameo Tuhan menciptakan Priangan dengan tersenyum. Selain mojang na garareulis, mereka juga dianugerahi kemampuan mebuat masakan yang ciamik. Salah satunya, nasi timbel. Nasi timbel adalah sajian nasi plus paket lauk pauk. Nasi putih pulen nan harum disandingkan dengan ayam/empal goreng, tahu tempe goreng, ikan asin, tutug oncom (tumis oncom campur leunca), plus duet maut sambal dan lalapan.

Sambal memegang peranan penting bagi saya karena mempengaruhi mood makan, makanya yang pertama kali saya colek adalah sambal. Kalau beringas saya layani, tapi kalau cemen bin loyo silahkan minggat. Penyegarnya adalah sayur asem. Rasa nasi timbel seperti karnaval di mulut. Mulai dari gurih, pedas, getir dan ditutup dengan kesegaran. Paten.

Best Nasi Timbel: D’Cost Braga Plaza. Nasi timbel disajikan penuh improvisasi tanpa mengurangi esensi. Nasi putih ditanak dalam ketel. Dicampur dengan ikan asin dan telur asin rebus. Pelengkapnya ayam goreng kuning yang renyah nan gurih plus kroni-kroninya. Gila \m/

1. Nasi Padang

Kalau saya menjadi rektor, akan saya berikan koki-koki dari ranah Minang gelar summa cum laude. Tak ada yang tak enak dengan nasi Padang. Tidak salah kalau bapak saya mengajarkan prinsip bertahan hidup di kota lain. “Jika kamu ragu dengan makanan yang ada, cari nasi padang. Aman,” begitu wejangan bapak yang masih saya pegang. Kelebihan nasi Padang dibanding nasi-nasi yang lain adalah kaya bumbu. Mereka berani investasi tinggi bahkan di masa resesi. Selain itu, nasi Padang berdiaspora ke seluruh penjuru nusantara.

nasi padang

Begitu lezatnya nasi Padang sampai-sampai kalau anda hanya makan standar terendah sekali pun anda tetap merasakan surga kecil di mulut. Standar itu adalah nasi dan daun singkong rebus yang diguyur kuah rendang secara royal. Sama seperti nasi timbel ala Sunda, nasi Padang puya pelengkap yang beragam macam rendang, ayam pop, balado, gulai dan indil-indilnya seperti perkedel, peyek udang dan telor dadar. Go to hell cholesterol !.

Best Nasi Padang: warung padang Ampera dekat kampus IPB Dramaga. Harga murah tak berbanding dengan kelezatan yang menantang. Menantang untuk tambah lagi.

Disajikan spesial untuk kawan-kawan saya yang sedang di luar Indonesia. Semoga kuat iman…….

 

5 responses to “Top 5 Nasi

  1. Putri Adiaty S.W (@uthieee)

    May 12, 2012 at 9:19 pm

    nasi padang itu paling enak kalau dibungkus/take away. porsi lebih banyak, dan aroma daun pisangnya (ini untuk yang bener-bener nasi kapau-nya ya. banyak juga warung nasi padang yg ga pake bungkusan daun pisang) itu yang bikin selalu tergugah. selain kuah gulai, setiap makan nasi padang saya harus pake bumbu rendang meskipun ga pakai lauk rendang. baru mantap!😀

     
  2. Anin

    May 14, 2012 at 1:45 pm

    setau saya, nasi megono itu nasinya pakai nasi uduk, bukan nasi putih biasa.. inilah kolaborator dalam aroma surgawinya.. hhe..

     
  3. jes

    December 20, 2012 at 1:11 am

    nasi padang juga dengan ke Halal annya….
    sesuai adatnya adat bersandi syara’ syara’ bersandi kitabullah (Alquran) jadi kalau ragu mau beli nasi… mending beli aja nasi padang yang jelas halal gitu…. 100% aman… dcan enak.

     
  4. @banbanpret

    April 26, 2013 at 5:44 pm

    “Jika kamu ragu dengan makanan yang ada, cari nasi padang. Aman,” – Salah satu wejangan fantastis yang entah darimana sumbernya. Usefull for anak kosan yang ngerantau ke tanah luar. Tapi beda cerita kalo yang ngerantau justru orang padang sendiri.

    Punya pengalaman pribadi aja, 10 dari temenku yang dari padang cuma dua orang yang mau nurunin standar lidahnya buat icip makanan lokal lain .😦

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: